Shadow

Siswa MA Mansyaul Ulum Tabur Ratusan Benih Ikan di Sumber Maron

(Rabu, 16/11/22) Siswa-siswi kelas XII MA Mansyaul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang melaksanakan kegiatan tabur benih ikan di Sumber Maron. Kegiatan ini digagas oleh wali kelas XII jurusan IPS dan Bahasa.

Sebelum tabur benih ikan, para siswa diajak ke Dinas Perikanan Kabupaten Malang untuk melihat dan mengenali jenis-jenis ikan dan biota air tawar. Kedatangan siswa-siswi MA Mansyaul Ulum disambut ramah oleh sejumlah staf dan para karyawan Dinas Perikanan.

Jenis-jenis ikan yang mereka lihat antara lain; ikan Lele, Gurami, Nila, Mujair, dan lain sebagainya. Tak hanya sekedar melihat, para siswa diajarkan bagaimana proses pembuahan hingga cara budidaya yang baik dan benar.

Setelah para siswa-siswi belajar banyak tentang proses pembuahan dan pengenalan jenis ikan, mereka kemudian menuju Sumber Maron untuk melaksanakan kegiatan tabur benih ikan. Lebih dari lima ratus benih ikan Nila ditabur di wisata perairan desa Karangsuko kecamatan Pagelaran itu.

Para siswa sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan karena hal itu merupakan pengalaman pertama kalinya. Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat karena menjadi salah satu upaya untuk menjaga ekosistem sungai. “Pengalaman seperti ini ternyata sangat penting. Biasanya saya hanya mancing ikan, kali ini justru menebar benih ikan,“ ujar Ahmad Toyyiban, siswa Kelas XII Bahasa, asal Sumberkerto Pagak itu.

Menurut Ustaz Fuad Ubaidillah, S.Pd., bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berarti untuk siswa-siswi MA Mansyaul Ulum untuk bekal masa depan. Wali kelas XII IPS itu juga menyampaikan saat memberikan kata sambutan, “Penyelenggaraan kegiatan ini adalah wujud kerjasama antara MA Mansyaul Ulum, Dinas Perikanan Kabupaten Malang, dan Pemerintah Desa Karangsuko. Selain agar memberikan pengalaman kepada para siswa, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk pengelola Sumber Maron, wisatawan, dan masyarakat desa Karangsuko.”

 

 

Pewarta: Rohmatullah
Editor: Badrul Arifin

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: